Matematika adalahalat yang dapat membantu memecahkan berbagai permasalahan
(dalam pemerintahan,industri, sains). Sejarah matematika adalah
penyelidikan terhadap asalmula penemuan di dalam matematika dansedikit perluasannya, penyelidikan
terhadap metode dan notasi matematika dimasa silam. Dalam perjalanan
sejarahnya, matematika berperan membangunperadaban manusia sepanjang masa.
Metode yangdigunakan adalah eksperimen atau penalaran induktif dan penalaran
deduktif.Penalaran induktif adalah penarikan kesimpulan setelah melihat
kasus-kasus yangkhusus. Kesimpulan penalaran induktif memiliki derajat
kebenaran barangkalibenar atau tidak perlu benar.
Sebelum zaman modern danpenyebaran ilmu pengetahuan ke seluruh dunia,
contoh-contoh tertulis daripengembangan matematika telah mengalami kemilau
hanya di beberapa tempat.Tulisan matematika terkuno yang telah ditemukan adalah
Plimpton322 (matematikaBabilonia sekitar 1900
SM), Lembaran
Matematika Rhind (MatematikaMesir sekitar 2000-1800 SM) dan Lembaran
Matematika Moskwa (matematika Mesir sekitar 1890
SM). Semua tulisan itu membahas teorema yang umumdikenal
sebagai teorema
Pythagoras,yang tampaknya
menjadi pengembangan matematika tertua dan paling tersebar luassetelah
aritmetika dasar dan geometri.
Sumbangan matematikawanYunani memurnikan
metode-metode (khususnya melalui pengenalanpenalaran deduktif dan kekakuan matematikadi dalam pembuktian matematika) dan perluasan
pokok bahasan matematika. Kata"matematika" itu sendiri diturunkan
dari kata Yunani kuno, μάθημα(mathema), yang berarti "mata
pelajaran". MatematikaCina membuat
sumbangan dini, termasuk notasiposisional. Sistem
bilangan Hindu-Arab dan aturanpenggunaan operasinya, digunakan hingga kini, mungkin
dikembangakan melaluikuliah pada milenium pertama Masehi di dalam matematika India dan telah
diteruskan ke Barat melalui matematika Islam. Matematika Islam, pada
gilirannya, mengembangkan dan memperluas pengetahuanmatematika ke peradaban
ini. Banyak naskah berbahasa Yunani dan Arab tentangmatematika kemudian
diterjemahkan ke dalam bahasa
Latin, yang mengarah
padapengembangan matematika lebih jauh lagi di Zaman Pertengahan Eropa.
Dari zaman kuno melalui ZamanPertengahan, ledakan kreativitas matematika
seringkali diikuti oleh abad-abadkemandekan. Bermula pada abad Renaisans Italia pada abad ke-16,
pengembanganmatematika baru, berinteraksi dengan penemuan ilmiah baru, dibuat
pada pertumbuhan
eksponensial yang
berlanjut hingga kini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar