Jumat, 13 Maret 2015

PERKEMBANGAN IPTEK DALAM ERA GLOBALISASI DAN DAMPAKNYA BAGI KEHIDUPAN MASYARAKAT




Iptek adalah ilmu pengetahuan dan teknologi dimana ilmu pengetahua dan teknologi memilki arti tersendiri. Ilmu dipandang sebagai produk, proses dan paradigma etika. Ilmu diperoleh melalui kegiatan ilmiah sedangkan pengetahuan didapatkan dengan proses pemahaman diluar metode ilmiah. Jika ilmu pengetahuan rumus dan teorii, teknologi merupakan praktek terapan darirumus dan teori ilmu pengetahuan. Kemajuan teknologi adalah sesuatu yang tidak bisa dihindari dalam kehidupan, karena kemajuan teknologi akan berjalan sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan.
Teknologi yang sebenarnya merupakan alat bantu/ eksitensi kemampuan diri manusia, telah menjadi kekuatan otonom yang justru membelenggu prilaku dan gaya hidup kita sendiri. Dengan daya pengaruhnya yang sangat besar karena ditopang oleh sistem-sistem sosial yang kuat dan dalam kecepatan yang semakin tinggi teknologi telah menjadi pengaruh bagi kehidupan manusia. Masyarakat yang kurang kemampuan teknologinya cendrung tegantung dan hanya mampu bereaksi terhadap dampak oleh kecanggihan teknologi.
Teknologi berasal dari bahasa yunani yaitu tekne yang berati pekerjaan, dan logos berarti suatu studi peralatan, prosedur dan metode yang digunakandari berbagai cabang Industri. Menurut Prayitni dalam Ilyas (2001) teknologi adalah seluru perangkat ide, metode,teknik benda-benda material yang digunakan dalam waktu dan tempat tertentu mampu untuk memenuhi kebutuhan manusia. Menurut Mardianto (1993) teknologi adalah suatu prilaku produk informasi dan oraktek-praktek baru yang belum banyak diketahui, diterima dan digunakan atau diterapkan oleh masyarakat dalam suatu lokasi tertentu dalam rangka mendorong terjadinya perubahan Individu atau seluruh warga masyarakat. Ilmu pengetahuan dan teknologi saling mempunyai hubungan, jika tida ada ilmu pengetahuan maka teknologi tidak ada.
A.    Perkembangan Teknologi Dalam Abad Ke-20
Beberapa perkmbangan Teknologi akan diuraikan sebagai berikut :
1.      Senar Laser
Laser adalah akronim atau kependekan dari Light Amplication by Stimulated Emmision of Radiation ( penguatan cahaya melalui emisi radiasi yang dirancang ). Sinar laser ini banyak digunakan dalam dunia kedokteran sebagai alat pemotong ataunoperasi mikro. Teori dasarnya telah dikemukakan oleh Albeirt Einstein ( 1879-1955 ) pada tahun 1917. Pada tahun 1951 seorang ahli fisika Amerika melakukan eksperimen dengan menggunakan gelombang mikro sebagai energi yang diperkuat.
2.      Pembangkit Listrik tenaga Nuklir
Rekasi nuklir pertama yang yelah dilakukan secara berkesinambungan terjadi pada 1942. Setelah digunakan sebagai senjata berupa bom atom di nagasaki dan hirosima. Energi Nuklir digunakan sebagai sumber energi listrik. Negara amerika mulai membangiun reaktor nuklir pembangkit listrik atau pembangkit listrik tenaga nuklir pada tahun 1951.
3.      Serat optik
Serat Optik mempunayai keistimewahan yaitu dapat membengkokan jalannya cahaya, sebagaimana yang kita ketahui jalan cahaya bergerak dengan satu garis lurus. Serat optik yang bersifat fleksibel atau flamen plastik transparaan yang memancarkan cahaya melaalui serangkaian pantulan internal. Jhon Tyhidall, ahli fisika inggris 1870 S. Kapani dia menampatkan dalam sebuah endeskop yaitu instrumen optikal yang digunakan oleh para dokter untuk melakukan pemeriksaan terhadap bagian dalam tubuh manusia. Pada 1970 digunakan untuk mengirim telex, telepon dan sinyal televisi kabel dengan efisien dari pada kabel logam.
4.      Satelit Komunikasi
Satelit komunikasi sangat penting dalam kehidupn kita karena telah membuat komunikasi globalmenjadi wajar dan murah, raadio dan tv dilakukan melalui satelit pertama yang telah diluncurkan pada tahun 1957. Dan pada tahun1962 NASA telah meluncurkan satelit komunikasi komersal pertama, Telstar I.

B.     Dampak Perkembangan Teknologi Pada Masyarakat
Perkembangan mesin uap yang ditemukan oleh James. E. Watt ternyata membawa dampak pada Industri. Lahirnya teknologi itu berdampak pada industrialis dengan menggunakan mesin. Mesin-mesin berbahan dasar besi diciptakan di inggris pada 1780 menjadi fenomena yabg disebut “ Revolusi industri” dibidang pertekstilan. Perkembangan Iptek yang demikian pesatnya telah membawa manfaat luar biasa bagi kemajuan peradaban umat. Jenis-jeis pekerjaan yang sebelumnya menuntut fisik sekarang telah menggunakan robot dan perangkat mesin yang telah mengalihkan fungsi manusia dengn kecepatan yang menakjubkan , begitu juga dengan ditemukannya kafasiras komputer  yang telahmenggeser kemampuan otak manusia dalam berbagai bidangn  ilmu dan aktivitas manusia. Perkembangan Iptek dianggap sebagai solusi dari permasalahan yang ada. Iptek diyakini akan memberi umat kesehatan, kebahagian dan imortalitas. Sumbangan Iptek terhadap peradaban manusia tidak dapat dipungkiri, namun manusia tidak bisa memungkir kenyataan bahwa Iptek mendetangkan dampak yang negatif terhdap manusia.
Dampak positif dan negatif perkembangan teknologi
1.      Bidang informasi dan komunikasi
Dalam bidang informasi dan komunikasi telah terjadi kemajuan yang sangat pesat, beberapa dampak positif yaang kita rasakan adalah sebagai berikut :
a.       Mempercepat dalaam mendapatkan informasi yng akurat dan terbaru didunia bagian manapun
b.      Memoercepat sarana berrkomunikasi melalui handphone
c.       Mendapaykan layanan bank yang baik
Disamping keuntungan yang kita peroleh teryata teknologi dimanfaatkan juga untuk hal-hal yang negatif antara lain :
a.       Pemanfaatan jasa komunikasi oleh teroris
b.      Penyalahgunaan informasi dan situs tertentu yang terdapat di internet oleh pihak pihak tettentu
c.       Kerasian alat tes semkin terancam , contoh melalui internet bisa mengetahiu tes psikologi
d.      Kecemaasan teknologi sebaagai contoh yaitu kerusakan komputer karena terserang virus, menyebabkan kehilangan berbagaai file penting dalam komputer menimbulkan stres karena teknologi
2.      Bidang ekonomi dan Industri
Beberapa manfaat dalam kemajuan dibidang ekonomi dan industri antara lain :
a.       Pertumbuhan ekonomi yang semakin tinggi
b.      Tejadinya instrialisasi
c.       Produktivitas dunia industri semakin meningkat
d.      Persaingan dalam dunia kerja sehingga menuntut pekerja untuk selaalu menambah ski;ll dan pengetahuan yang dimiliki
e.       Kecendrungan perkembangan teknologi dan ekonomi akan berdampak pada penyerapan tenaga kerja dan kualifikasi tenaga kerja yng diperlukan
f.       Dibidang kedokteran dan kemajuan ekonomi mampu menjadikan produk kedokteran menjadikomoditi
Dampak negatif antara lain :
a.       Tercipta pengangguran bagi tenaga kerja yang tidak mempunyai kualifasi yang sesuai dengan yang dibutuhkan
b.      Sifat komsumtif sebagai akibat kompetisi yang ketat pada era globalisasi akan juga melahirkanyang secara moral mengalami kemerosotan, komsumtif, boros dan memiliki jalan pintas yangg bermental instan
3.      Bidang sosial dan budaya
Akibat kemajuan teknologi dalam segi posittif adalah :
a.       Perbedaan kepribadian pria dan wanita
b.      Meningkatkan rasa percaya diri, tekanan kompetisi yang tajam dalam berbagai aspek kehidupan sebagai konsekuensi globalisasi akanmelahirkan generasi yang disiplin dan tekun
Adapun dampak negatif dari aspek budaya adalah sebagai berikut :
a.       Kemerosotan moral dikalangan masyarakat khususnya remaja dan pelajar
b.      Kenakalan dan tindak menyimpang dikalangan remaja semakin meningkat
c.       Semakinmelemahnya nilai gotong royong serta tolong \menolong membuat susahnya tercipta kesatuan sosial
d.      Pola interaksi manusia yang berubah
4.      Bidang pendidikan
Teknologi mempunyai peran yang sangat penting dalam bidang dalam bidang pendidikan antara lain;
a.       Munculnya media masa, khususnya mesia elektronik sebagai sumber ilmu danm pusat pendidiksn. Dampak dari hal ini adalah, guru bukannya satu-satunya sumber ilmu pengetahuan.
b.      Munculnya metode-metode pembelajaran yang baru yang memudahkan sisswa dan guru dalam proses belajar mengajar
c.       Sistempembelajaran tidak harus melalui tatap muka, dengan kemajuan teknologi proses pembelajara tidak harus mempertemukan siswa denga guru tetapi bisa menggunakan jasa pos internet dan lain-lain.
Disamping itu muncul juga dampak negatif dalm proses pendidikan antara lain :
a.       Kerahasian alat tes semakin terancam, program tes intelegensi ssperti tes raven, diferential aptitudes tes dapat diakses melalui compactdisk.
b.      Penyalahgunaan pengetahuan bagi orang=orang tertentu untuk melekukan tindakan kriminal. Kita tahu bahwa kemajuan dibidang pendidikab juga akan mencetak generasi yang berpengatahuan tinggi tapi mempunyai pmoral yang rendah, contoh dengan ilmu komputer yang tinggi orang akan berusaha menerobos sistem perbankan dan lain-lain.
5.      Bidang politik
Beberapa dampak positif yang ditimbulkan dalam bidang politik adalah  :
a.       Timbulnya kelas menengah baru
b.      Proses regenersai kepemimpinan
c.       Dibidang politi internasional terdapat kecendrungan tumbuh kembangnya regionalisme.
Perkembangan teknologi memeng sangat diperlukan, setiap inovasi diciptakan untuk memberikan manfaat bagi kehidupan masyarakat khususnya dibidang inovasi masyarakat telah menikmati inovasi-inovasi yang telah dihasilkan dalam dekade terakhir ini. Namun tidak dapat dipungkiri jika teknologi mendatangkan efek negatif diantaranya :
a.       Perubahan tata nilai
b.      Adanya kesenjangan sosial
c.       Merosot dan rusaknya lingkungan alam
Akibat dari semakin meningkatnya jumlah penduduk dan penerapan iptek yang kurang bijaksana telahh menimbulkan kemerosotan kualitas lingkungan alam bahkan juga mulai timbul kerusakan sistem lingkungan alam, diantara merosotnya kualitas lingkungan alam adalah :
a.       Kemerosotan kualitas dan kuantitas sumberdaya alam
b.      Pencemaran oleh limbah dan bahan berbahay
c.       Meningkatnya lapisan gas CO2 dan kenaikan suhu bumi
d.      Adanya hujan asam
e.       Lubang lapisan ozon
f.       Adanya bencana banjir
Kekawatiran manusia terhadap persenjataan kimia dan nuklir, perkembangan Iptek tidak menutup kemungkinan mengembangkan persenjataan canggih termasuk senjata kimia dan nuklir yang membahayakan kehidupan manusia. Berkembangnya kenakalan remaja dan kriminalitas remaja, perkembangan dan penerapan Iptek telah mendorong terjadinya globalisasi. Dengan berbagai macam media setiap orang termasuk remaja muda terkena pengaruh nilai budaya lain termasuk tingkah laku kekerasan ternasuk televisi media yang sangat besar pengaruhnya khususnya para remaja.

 

13 komentar: